HMJ PLS UM Gelar Kuliah Tamu



Sebagai bentuk realisasi program kerja selama periode 2011, Minggu (20/11/2011) Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Luar Sekolah (PLS) menggelar kuliah tamu dengan tema "Mewirausahakan Pendidikan Non Formal dan Apresiasi Musik Akustik". Acara tersebut dilangsungkan di Aula Utama Gedung A3 Universitas Negeri Malang (UM) dengan dihadiri oleh pembantu dekan II Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP), sekretaris jurusan PLS Drs. Ahmad Mutadzakir, M.Pd, Pembina HMJ PLS Drs.Zulkarnain Nasution, M.Pd, pemateri kuliah tamu Anwar Hudijono (wartawan senior Kompas Group) dan Sakban Rosidi (pembaca Filsafat dan kritik pendidikan ), Swara Akustik (Kelompok Musik Murni Akustik) dan Alumni PLS.



Sebelum acara pembukaan, swara akustik menghibur para peserta dan undangan dengan dua lagu. Tepat pukul 09.00 WIB acara kuliah tamu dimulai dan dibuka langsung oleh Pembantu Dekan II FIP. Dalam kesempatan tersebut ia menyampaikan sambutan dan apresiasi atas terselenggaranya kuliah tamu yang mengangkat tema wirausaha. "Jiwa wirausaha saat ini memang harus terus ditingkatkan, apalagi saat ini tengah dilakukan monotarium pengangkatan PNS, ketika kita tidak segera merubah pola pikir itu, maka kita akan semakin tertinggal" jelasnya.

Selanjutnya acara dilanjutkan ke acara inti, presentasi pertama disampaikan oleh Anwar Hudijono. Pada presentasinya ia menyampaikan tentang sejarah pendidikan luar sekolah yang mana akidah dari pendidikan tersebut pada pembebasan untuk kemerdekaan. Kemudian dilanjutkan dengan potensi - potensi PLS yang saat ini sangat luas sekali, terutama pada penlayaanan kebutuhan masyarakat tentang perekonomian. "jiwa PLS itu harus jiwa entrepreneur ulet dan mau bekerja keras" pungkasnya

Berbeda dengan presentasi pertama, Sakban Rosidi sebagai presentasi kedua ia membuka presentasinya dengan dua lagu yang diiringi oleh swara akustik, setelah itu baru menyampaikan materinya. "berwirausaha itu dapat dilakukan dengan hal yang simple, selain menguntungkan wirausah juga menyenangkan" kalimat itulah yang menjadi awal presentasinya. Kemudian ia baru mengupas tentang kewirausahaan dan tidak lupa diakir presentasinya ia juga menyampikan saran kepada peserta bila sebagai entrepreneur nantinya.

Setelah presentasi selesai acara kemudian dilanjutkan dengan diskusi, hingga tepat pukul 12.00 presentasi selesai dan dilanjutkan penyerahan cinderamata kepada para pemateri dan di iringi swara akustik hingga acara penutupan. (Sept&Ren)