HUSADA SEJAHTERA Medical Event Organizer/ NAMS Institute-Educational Event & Training Organizer Seminarkan “Secrets Behind The Lotus Birth” (Metode Pertolongan Persalinan Tanpa Pemotongan Tali Pusar)

Seminar kesehatan yang dilaksanakan di Hall Majapahit Rumah Sakit Umum dr. Saiful Anwar Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 2 Malang (22/3/2012) yang diselenggarakan oleh NAMS Institute-Educational Event & Training Organizer bekerja sama dengan Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kota Malang serta radio Kosmonita 95,4 FM cukup menarik perhatian. Dalam acara seminar tersebut dihadiri 250 peserta yang terdiri dari kalangan mahasiswa kebidanan, perawat, farmasi dan tenaga medis lain yang berasal dari beberapa kota di provinsi Jawa Timur, seperti: Blitar, Pare, Kediri, Batu, Trenggalek, Madiun, Probolinggo, Pasuruam dan Jember. Acara dimulai tepat pada pukul 08.00 WIB yang dibuka oleh Bapak Sakban Rosidi, Dewan Pakar NAMS Institute sebagai Keynote Speech.

Acara seminar ini, dilaksanakan sebagai pengembangan pengetahuan mutakhir bagi kalangan Bidan dan paramedis lainnya serta kalangan awam pemerhati kesehatan. Tema tentang Lotus Birth dipilih karena masih banyaknya kalangan yang belum mengenal mengenai metode persalinan tanpa pemotongan tali pusar ini, walaupun sesungguhnya metode persalinan ini sudah cukup lama diterapkan oleh nenek moyang kita pada zaman dahulu sebelum berkembang pesatnya ilmu kedokteran dan kebidanan moderen. Hingga muncul pertanyaan mengenai awal mula pemotongan tali pusar pada proses persalinan pada saat ini.
Seusai acara pembukaan para peserta disuguhkan pembahasan materi tentang Lotus Birth dari prespektif Antropologi budaya oleh Bapak Hatib Abdul Kadir, MA selaku (Dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya Malang) kemudian dilanjutkan dengan sesi pertanyaan. Banyak hal yang diungkap oleh pembicara pertama, seperti kebiasaan masyarakat Cina, Afrika, Indonesia (Dayak dan Bali) yang memiliki cara masing dalam melakukan penghormatan terhadap plasenta setelah proses persalinan. Narasumber kedua adalah Jenny Sondakh, M.Clin.Mid (Ketua IBI Cabang Kota Malang) yang menjelaskan tentang penanganan terhadap proses persalinan yang menggunakan metode Lotus Birth. Dalam penjelasannya narasumber kedua mendemonstrasikan proses persalinan dengan menggunakan metode Lotus Birth. Selama demonstrasi berlangsung, para peserta tampak antusias dan serius memperhatikan proses demonstrasi mengingat penggunaan metode Lotus Birth dalam persalinan masih asing bagi ilmu kebidanan pada saat ini. Pembicara ketiga adalah dr. Zainuddin H, Sp.A  (Dokter Spesialis Anak dari RS dr. Soepraoen Malang) yang membahas tentang pengaruh metode Lotus Birth terhadap  tumbuh kembang anak.

Pada setiap sesi acara, peserta seminar juga disuguhi bermacam-macam doorprize dan hiburan Musik Akustik guna memriahkan seminar. Pada penghujung acara, ditutup dengan doa yang dipimpin langsung oleh Bapak Sakban Rosidi selaku Dewan Pakar NAMS Intitute.  (Tau)